4 TEMPAT WISATA DI PEKALONGAN YANG WAJIB DIKUNJUNGI !

 TEMPAT WISATA DI PEKALONGAN YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI

Berada di kawasan jalur pantura yang menghubungkan langsung JakartaSemarangSurabaya dan juga berbatasan langsung dengan Laut Jawa, Pekalongan merupakan salah satu Kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan akan adat dan kebudayaannya. Mengunjungi Pekalongan, Toppers bisa menemukan beragam adat dan ritual seperti Sedekah Bumi, Syawalan, dan berbagai kebudayaan lainnya yang mungkin tak bisa dijumpai di daerah lainnya di Pulau Jawa.

Selain itu, Pekalongan juga dikenal sebagai Kota Batik karena tak cuma menjadi salah satu daerah penghasil Kain Batik, Batik Pekalongan sendiri memiliki ciri khas-nya tersendiri yang membuatnya digemari, khususnya para kolektor Batik.

Kekayaan adat dan budaya inilah yang menjadikan Pekalongan salah satu tujuan wisata yang cukup menarik untuk dijelajahi. Berikut rekomendasi tempat-tempat wisata di Pekalongan populer yang bisa jadi referensimu saat berkunjung ke Pekalongan!

1. Museum Batik

Museum Batik Pekalongan menempati gedung tua berbentuk segi empat simetris dengan taman di tengahnya yang ada sejak 1906. Halaman depan tidaklah terlalu luas. Lebar halamannya hanya 6 meter dengan panjang sekitar 50 meter memanjang sepanjang bangunan bergaya kolonial itu.

Di ruangan pertama tempat wisata Pekalongan ini dipamerkan sejumlah canting tulis. Canting tulis memiliki 9 ukuran, semuanya memiliki cucuk untuk menorehkan malam, mangkok tembaga atau nyamplung, serta gagang kayu glonggong. Canting digunakan untuk menorehkan warna.

Keluar dari ruangan pertama menuju ruangan kedua, pengunjung melewati wadah tembaga besar. Wadah yang disebut Jedi itu dipakai tahun 1849 – 1947 oleh pengusaha batik sebagai tempat Nglorod. Yaitu proses melepaskan lilin / malam dari kain batik. Masuk ke ruang pamer dua dan tiga Museum Batik Pekalongan, terlihat banyak sekali motif indah di sana.

Lokasi: Jl. Jetayu No 1, Pekalongan, Jawa Tengah.
Tiket: Rp 5.000
Jam Operasional: 08.00-15.00

2.Desa Wisata Lolong








Saat memasuki tempat wisata Pekalongan desa lolong, pengunjung akan melihat sebuah jembatan yang membelah Sungai Sekarang yang memiliki lebar sekitar 60 meter. Di kawasan sungai ini pengunjung bisa menikmati beberapa wisata yang cukup menantang adrenalin. Diantaranya arung jeram, tubing, out bond, jungle trekking, atau camping.

Bagi pecinta durian, maka desa lolong ini merupakan tempat yang sangat tepat untuk dijadikan destinasi wisata. Karena selain bisa menikmati serunya wisata alam, kamu juga bisa menikmati buah durian langsung dari pohonnya.

Desa tempat wisata Pekalongan ini memiliki sebuah festival yang sangat ramai dikunjungi oleh pengunjung. Yaitu festival buah durian. Pengunjung bisa menikmati makan durian sepuasnya selama festival berlangsung. Tarif untuk mengikuti festival Rp 30.000, pengunjung bisa menikmati durian sepuasnya.

Lokasi : Lolong, Karanganyar, Pekalongan, Jawa Tengah.
Tiket    :Menyesuaikand dengan Paket yang diambil
Jam Operasional :24 Jam

3. Linggo Asri







Objek wisata alam ini menyediakan aneka wahana yang cukup lengkap mulai dari taman terbuka, arena bermain anak, kolam renang, kebun binatang, outbound, arung jeram, tracking ke hutan alami hingga berkemah atau kemping

Seiring berjalannya waktu kawasan wisata ini mulai dikembangkan dengan menambahkan berbagai fasilitas dan pilihan kegiatan yang lebih seru salah satunya adalah rafting atau arung jeram. Aktivitas arung jeram ini dinamakan dengan Wana Wisata Kali Paingan, sesuai dengan nama sungai yang dijadikan sebagai spot untuk rafting.

Rafting di Wana Wisata Paingan ini memanfaatkan aliran deras dari Sungai Paingan Linggoasri. Bukan hanya rafting saja, tempat wisata Pekalongan ini juga manawarkan traveler untuk mencicipi river tubing menggunakan ban atau cliff jumping di bawah jembatan Sungai Paingan.

Lokasi: Linggoasri, Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah.
Tiket: Rp 5.000
Jam Operasional: 07.00-18.00

4. Curug Bajing







Daya tarik wisata lainnya yang bisa kamu temukan di Pekalongan adalah air terjun atau curug, seperti Curuh Bajing yang berada di ketinggian 1300 mdpl. Aliran air terjun setinggi 70 meter ini berada di tengah-tengah kawasan yang masih alami sehingga semakin menambah keindahan dan kesegaran dari tempat wisata di Pekalongan satu ini.

Lokasi : Desa Tlogopakis, Kec. Petungkriyono, Kab. Pekalongan
Tiket : Rp 5.000;
Jam operasional : 08.00-17.00




Komentar

Postingan populer dari blog ini

REKOMENDASI FILM ROMANTIS INDONESIA 2020 !